RESENSI NOVEL INDONESIA

RESENSI NOVEL
“IKAN PETARUNG”


 

 

 

1. IDENTITAS BUKU

JUDUL                          :   IKAN PETARUNG
PENULIS                       :   S.E.HINTON
PENERBIT                    :   PT ELEX MEDIA KOMPUTINDO
HALAMAN                   :   x+ 128 HALAMAN
CETAKAN TAHUN        :   1975
ISBN                             :   979-20-3415-3

 

2. PRATINJAU

Sangat mengagumkan dan penuh dengan makna yang akan selalu diingat oleh pembaca dari segala usia. Begitulah kesan yang tersirat setelah membaca buku karya S.E.Hinton ini. Bagaimana tidak? S.E.Hinton menggambarkan dengan cerdas karakteristik dan deskripsi yang begitu kuat pada setiap karakternya, sehingga pembaca bisa dengan mudah menafsirkan arah jalan ceritanya dan bahayapun sangat memikat. Mulanya, cerita ini lebih bernuansa komikal dengan latar kenakalan remaja pada umumnya. Namun lebih menjelajahi setiap makna kata demi kata. Terasalah begitu kuat karakter yang muncul di tiap-tiap tokohnya. Terlebih saat S.E.Hinton membawa kita kedalam kenyataan hidup yang harus dihadapi tokoh Rusty James yang akan mewujudkan mimpinya menjadi anak yang lebih tangguh meskipun dia sudah tangguh ia ingin sama seperti kakanya, dia ingin tetap tenang dan tertawa ketika keadaan berubah menjadi berbahaya, menjadi petarung jalanan terkuat dan paling di hormati di sisi sungai itu. Rusty James bukanlah anak pandai dalam hal pendidikan. Dia lebih mengandalkan kepalan tangannya daripada otaknya. Setiap kali terlibat masalah, kakanya harus campur tangan untuk membantunya. Tapi, pada suatu hari dunia Rusty James berantakan akibat suatu rentetan peristiwa. Dan kali ini kakanya tidak ada untuk campur tangan. Disinilah cerita mulai balada yang mengharu biru. Keberanian dan ketangguhan Rusty James yang luar biasa besarnya untuk menghadapi semua peristiwa yang dialaminya  menyempurnakan novel ini menjadi bacaan yang begitu kolosal dan sarat akan pesan-pesan moril.

Angkat Topi untuk S.E.Hinton yang telah berhasil membuat kisah yang kental dengan ketegangan dalam kehidupan. Tak hanya bisa membuat seseorang kembali membangun cita-citanya. Novel ini juga bisa menambah keberanian untuk menjalani kehidupan yang keras.

3. ISI

3.1 Unsur Intrinsik

3.1.1 Tema

Tema yang tersirat dalam novel Ikan petarung ini tak lain adalah “persahabatan, persaudaraan, dan perjuangan dalam mengarungi kehidupan yang sangat kejam” Hal itu dapat dibuktikan dari penceritaan per kalimatnya dimana penulis berusaha menggambarkan begitu besarnya kekuatan keberanian sehingga dapat membawa seseorang menerjang kerasnya kehidupan dan di tunggu oleh kematian.

 

3.1.2 Latar

Dalam Novel Ini disebutkan latarnya yaitu di California, Pantai, Benny’s Bar, di Jembatan, Rumah Patty, di tanah kosong Pinggir Sungai, Rumah Rusty James, Sekolah, Lapangan Olahraga, Halte Bus, Toko Obat, Bioskop, Klinik, Toko Hewan, Waktu yang digunakan Pagi, Siang, Sore, dan Malam.

 

 

 

 

3.1.3 Penokohan dan Perwatakan

Rusty James       :   Optimis, Pantang Menyerah, Pemberani, Setia Kwan, Penyuka Perkelahian.
Steve Hays          :   Baik, Pintar, Rajin, Penuh Ide, Setia Kawan, Penuh ide, pemikiran dewasa.
Biff Willcox        :   Egois, Berjiwa Kasar, Tidak Tau Belas Kasihan, Licik, Penyuka Perkelahian.
B.J.Jackson         :   Baik, Bijaksana, tetapi mempunyai sifat Curang.
Smokey               :   Pemberani, Penyuka Perkelahian, Tetapi tidak setia kawan dan Licik.
Motorcycle Boy :   Bijaksana, Baik, Pendiam, Gagah, Tangguh.
Ayah                  :   Pemabuk, Tidak peduli pada diri sendiri.
Pelatih Ryan      :   Baik, Bijaksana.
Dan tokoh lain, Patty, Midget, Alex, Benny, Adik Patty, Pak Harrigan, Cassandra, Jeannie Martin, Mr.dobson, adalah tokoh pembantu dalam novel ini.

 

3.1.4 Alur

Dalam Novel ini menggunakan alur gabungan (alur maju dan mundur). Alur maju ketika pengarang menceritakan dari mulai yang dulu sampai sekarang dan Alur Mundur ketika menceritakan peristiwa yang telah berlalu pada saat sekarang.

 

3.1.5 Gaya Penulisan

Gaya penceritaan Novel ini sangat sempurna yaitu kecerdasan kata-katanya yang berpadu tanpa ada unsur repetitif yang membosankan, penyampaian cerita yang cerdas dan menyentuh. Penuh inspirasi, komikal dan banyak mengandung letupan intelegensi yang kuat sehingga pembaca tanpa disadari masuk dalam kisah dan karakter-karakter yang ada dalam Novel Ikan Petarung.

 

3.1.6 Amanat

Amanat yang disampaikan dalam Ikan Petarung ini Adalah kalau ingin meraih sesuatu, kita hanya harus membulatkan tekad dan berusaha keras sampai mendapatkanya dan akan lebih menyenangkan jika tahu apa yang di cita-citakannya.

 

 

3.1.7 Sudut Pandang

Sudut pandang Novel ini yaitu “orang pertama” (akuan). Dimana penulis memposisikan dirinya sebagai tokoh Rsty James dalam cerita.

 

 

3.2 Unsur Ekstrinsik

3.2.1 Nilai Moral

Nilai moral pada Novel ini sangat kental. Sifat-sifat yang tergambar menunjukan kekerasan yang ada dalam diri seorang remaja tanggung dalam menyikapi kerasnya kehidupan. Disini, tokoh utama digambarkan sebagai sosok remaja yang mempunyai keberanian yang besar dan rasa setia kawan yang tinggi.

 

3.2.2 Nilai Sosial

Ditinjau dari nilai sosialnya, Novel ini begitu kaya akan nilai sosial. Hal itu dibuktikan rasa setia kawan yang begitu tinggi antara tokoh Rusty James dan Steve Hays. Keduanya saling membantu dalam menjalani kehidupan sehari-hari .

 

3.2.3 Nilai Adat istiadat

Sayang, nilai adat di Novel ini kurang begitu menonjol dan bisa dibilang tidak ada karena adatnya yang berbeda dengan budaya Indonesia.

 

3.2.4 Nilai Agama

Begitupun Dengan Nilai Agama yang Tidak ada, Membuat Novel ini seperti kurang sempurna meskipun mengandung banyak kesan yang tersirat di dalam ceritanya.

Perihal dhizaar27
27_FOR_LIFE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: